how

Selamat Datang Di Blog Saya

Kamis, 27 September 2012

IANA dan Pengelompokan IP Address 4 space


IANA (Internet Assigned Numbers Authority) adalah sebuah organisasi yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat yang mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet. seperti ruang alamat IP, dan Domain Name System (DNS).
IANA juga memiliki otoritas untuk menunjuk organisasi lainnya untuk memberikan blok alamat IP spesifik kepada pelanggan dan untuk meregistrasikan nama domain. IANA juga bertindak sebagai otoritas tertinggi untuk mengatur root DNS yang mengatur basis data pusat informasi DNS, selain tentunya menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di dalam jaringan Internet.IANA beroperasi di bawah naungan Internet Society (ISOC). IANA juga dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB).

IANA memberikan tanggungjawab dalam mengatur pengaturan ruang alamat IP dan DNS kepada tiga badan lainnya yang bersifat regional, yakni sebagai berikut: 
  • American Registry for Internet Numbers (ARIN), yang bertanggungjawab dalam menangani wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika bagian Selatan (sub-Sahara).
  • Réeseaux IP Européens (RIPE), yang bertanggungjawab dalam menangani wilayah Eropa dan Afrika bagian utara (Sahara).
  • Asia Pacific Network Information Center (APNIC), yang bertanggungjawab dalam menangani kawasan Asia dan Australia.

IANA akan digantikan oleh sebuah badan nonprofit internasional yang disebut sebagai Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), karena meningkatnya penggunaan Internet.

Agar mudah dalam administrative penggunaan dan alokasi IP Address, IANA membagi dalam  beberapa region yaitu ; .
  1. AfriNIC (African Network Information Centre) - Africa Region 
  2. APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) - Asia/Pacific Region 
  3. ARIN (American Registry for Internet Numbers) - North America Region 
  4. LACNIC (Regional Latin-American and Caribbean IP Address Registry)  Amerika Latin dan beberapa negara di pulau Caribbean / Caribia 
  5. RIPE NCC (Réseaux IP Européens) - Europe, the Middle East, dan Asia Tengah


Pengelompokan IP Address 4 space adalah pengelompokan jaringan yang digunakan dalam jaringan TCP/IP yang berjumlah 32 bit, dan memiliki keterbatasan yakni hamya mampu mengelompokan atau mengalamatkan 4 miliar host di seluruh dunia.
Cara pengelompokannya menggunakan tanda (.) dan setiap baris terdiri dari 8 bit, maka semuanya menjadi 32 bit.
Contoh penulisan IIIIIIII.IIIIIIII.IIIIIIII.IIIIIIII.IIIIIIII (32 bit).
Pengelompokan ini hanya memiliki 5 jenis kelas (A,B,C,D,E) namun yang biasa digunakan hanya 3 jenis kelas (A,B,C). maka dari itu emakin bertambahnya tahun, pengelompokan IP Address 4 space akan berganti menjadi IP Address 6 space.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar